Mengenal Istilah yang ada dalam Google Adsense

Mastah DroidMengenal Istilah yang ada dalam Google AdsenseBagi sobat selaku publisher adsense, pastinya sobat wajib paham dengan istilah istilah pada google adsense. Terlebih apabila sobat benar benar ingin menambah penghasilan google adsense maka sangat disarankan sekali untuk memahami istilah istilah dalam google adsense untuk dijadikan referensi dalam mengambil perbuatan dalam rangka optomasi earning. Sebelumnya Sobat bisa membaca ebook yang sudah pernah kami sediakan Adsensenizer Ebook Adsense dan Blogger. 
Nah hari ini saya bakal mengulas mengenai istilah yang ada dalam google adsense, jadi diinginkan dengan mengetahui istilah istilah pada google adsense bakal lebih memudahkan lagi untuk menambah earning pada google adsense.

Di Artikel Mengenal Istilah dalam Google Adsense ini kita akan membahas beberapa point penting yaitu :  

  • Mengenal rumus universal dunia blogging/internet marketing 
  • Mengenal Performance Reports 
  • Apa itu Pageviews/Adsview di google Adsense? 
  • Apa itu Clicks/adsclicks 
  • Apa itu CTR (Click Through Ratio), dan Variabel dan Variabelnya 6. Apa itu CPC (Cost Per Clicks), dan Variabelnya 
  • Apa itu Page RPM ? 
  • Hal-hal terkait estimated earning, payable earning, payment in progress dan payment issued
Mengenal Istilah yang ada dalam Google Adsense

Pembahasan :

1. Mengenal Rumus Umum Blogging / Internet Marketing 

Rumus umum di dunia blogging dan internet marketing sebenarnya super sangat simple, sering banget saya tulis ini. 
Maksud dari rumus tersebut adalah, Visitor atau Pengunjung website jika ditambahkan variable Ads(iklan)/Product/branding/Marketing akan menghasilkan Dolang..$$$. 
Semakin tinggi jumlah visitor, maka semakin besar kans untuk mendapatkan earning. Ads/Product disini bisa saja di isi dengan Adsense, Prollerads, dsb bisa PPC, PTC, CPA, dll. Kalau produk tentunya adalah yang focus pada bidang marketing atau juwalan produk, seperti website yang ditujukan untuk menjual produk seperti amazon, lazada, dsb. Bisa juga jika anda adalah pengusaha offline, dan ingin mengeruk pasar online maka menggunakan media blog/sites. 
  • Anda punya Blog Visitor melimpah, ga dipasang Ads/Product = SIA SIA 
  • Anda punya blog cupu, dipasang Ads/Produk = CAPE HATI
  • Anda punya blog cupu, ga dipasang Ads/Product = SADAR DIRI 
  • Anda ga punya blog, anda pasang Ads/Product  = MASIH NGIMPI 
  • Anda punya blog Visitor melimpah, anda pasang Ads/Product = KEREN !!!

It's all about visitor, terserah situ mau main adwords, mao spam link sana sini sampe orang muntah muntah, mau menggunakan segala macam teori dan teknik SEO, bahkan sampe jadi orang kontroversial yang pintar dalam manajemen konflik (contohnya Jonru di FB, mesti pada tau kan).

2. Mengenal Performance Report

Performance Reports adalah laporan performa Adsense. Melalui Performance Reports kita bisa melihat perkembangan akun adsene kita dari hari ke hari secara actual. Walaupun earning yang terlihat di dalam Performance Reports adalah masih Estimated Earning (akan dibahas lebih lanjut). 
Berikut adalah gambar screenshot dari Performance Reports 
Mengenal Istilah yang ada dalam Google Adsense
Gambar diatas adalah contoh laporan performance reports mingguan salah satu akun saya yang saya jadikan contoh. Disitu dapat terlihat istilah istilah yang mungkin bukan hal yang sulit untuk dibaca dan diartikan bagi advanced adsenser. Tapi saya yakin masih banyak yang belum mengerti istilah istilah diatas, maka mari kita telaah satu persatu.
  • Date : tentu saja Date adalah tanggal, bukan kencan ataupun buah kurma (date dalam bahasa inggris berarti Kencan, Buah Kurma, Tanggal)
  • PageViews/Adsview : ini adalah jumlah adsview atau iklan yang tampak di website kita dalam periode tertentu. 
  • Clicks/Adsclick : ini adalah jumlah ads yang terklik oleh visitor web kita pada periode tertentu. Adsclick adalah factor yang mempengaruhi CTR, selain daripada pageview. 
  • Page CTR : CTR adalah rasio antara pageviews dengan adsclick. Di misalkan terdapat 1000 pageview, dengan 10 adsclick, maka page CTR adalah (1000/10)*100%=1 %. Mengenai hal ini akan dibahas lebih mendalam dibawah. 
  • Page RPM : adalah "perkiraan" pendapatan adsense anda per 1000 pageviews, JIKA rasio nilai iklan (CPC) dan CTR konstan pada posisi seperti sekarang. Page RPM akan berubah mengikuti CPC dan CTR, dan ini sekali lagi hanyalah perkiraan, tidak berpengaruh terhadap earning kalian 
  • Estimated earning : adalah perkiraan pendapatan pada periode terkait. Ingat ini masih "Estimated Earning" jadi bukanlah pendapatan real atau asli. Pendapatan asli adalah Payable Earning/Finalized Earning yang biasanya akan muncul di dashboard awal Adsense setiap tanggal 1-2 setiap bulannya. 

3. Mengenal Pageviews Adsense

Seperti kita telah ketahu diatas, pageview atau adsview adalah jumlah iklan yang tampil di website kita.
Ada pertanyaan mungkin, mengapa jumlah pageview saya di google adsense lebih kecil jika dibandingkan versi analytic, blogger, histats, ataupun visitor counter lainnya? 
Jawabannya adalah : ada suatu ketika di halaman tidak muncul ads, dikarenakan tidak ada keyword relevan terhadap web pages tersebut. Ada juga disebabkan oleh visitor yang menggunakan adblocker, dsb. 

Jadi gunakan pageview di dashboard adsense sebagai patokan utama dalam menghitung perkiraan pendapatan kita, ataupun prospek tidaknya suatu sites. (Jika anda ingin menjadi adsenser). 

4. Clicks/AdsClicks

Clicks adalah jumlah iklan yang terklik oleh visitor sites kita. Tentu saja sebagai pemain PPC (Pay Per Click), hal ini adalah tujuan utama ketika membangun sebuah blog/sites. Jumlah Clicks dalam suatu blog dipengaruhi oleh beragam factor seperti template blog yang digunakan, gender dan usia visitor, dan banyak lagi faktor2x kecil lain yang mungkin tidak pernah kita pikirkan.

5. Mengenal CTR (Click Through Ratio)

CTR paling sering ya dibahas, kenapa CTR saya kecil, kenapa gede, kenapa begini kenapa begitu?
Paling banyak orang menyalahkan template dan ads placement ketika mendapatkan CTR yang kecil. Sebelum berjalan lebih jauh melihat dari sudut pandang yang tidak biasa, mari kita lihat rumus umum CTR
CTR adalah hasil dari pembagian jumlah pageview dengan jumlah klik iklan. Yang berpengaruh terhadap pageview tentu saja adalah VISITOR, dan yang mempengaruhi adsclick ada banyak..
Mari kita bahas satu persatu, jumlah iklan yang terklik atau adsclick dalam suatu sites tidak melulu hanya dipengaruhi oleh factor template dan penempatan iklan. Jika kita melangkah lebih jauh, banyak factor yang mempengaruhi adsclick. Terutama adalah behavior atau perilaku visitor sites kita, behavior atau perilaku itu dipengaruhi juga oleh gender (jenis kelamin), usia, tempat tinggal, dan tentu saja niche sesuai target visitor kita.
Kita coba bandingkan seperti ini, ada 1 blog isinya informasi tentang kesehatan Ibu dan anak (dari situ bisa dilihat targetnya mesti wanita, dewasa, melek internet), lalu ada blog lain yang isinya informasi mengenai tutorial membuat blog/template/adsense (targetnya tentu blogger, calon blogger, dkk), dan yang terakhir adalah situs yang isinya flash based game (targetnya tentu anak2x).
Dari ke 3 blog diatas, jika kita mengasumsikan memiliki visitor dan pageviews yang sama dengan template yang sama (atau menyesuaikan), menurut kalian mana yang paling banyak mendapatkan adsclick? Mungkin jawabannya akan berbeda ya, tapi kala saya pribadi akan memilih blog flash based game dengan target anak anak. Mengapa? Karena biasanya anak anak sering asal click, apalagi ketika niche kita game, ads yang muncul pun biasanya gaming ads.
Dari pemilihan Niche terkait gender dan usia tersebut kita dapat membuat kesimpulan bahwa adsclick yang nantinya akan berpengaruh terhadap CTR tidak hanya melulu dipengaruhi oleh template dan penempatan iklan kan. 

6. Mengenal CPC (Cost Per Click)

Cost per Clicks adalah nilai iklan kita per clicks. Biasanya orang selalu mengasumsikan besar kecilnya CPC itu dari Niche. Tapi€ jawaban Niche saja adalah kurang, pemilihan Niche sendiri tidak akan terlepas dari geotargeting atau target visitor berdasarkan Negara/wilayah.

Maksudya apa? Begini.. secara tidak sadar ketika kita mengatakan bahwa blog berbahasa Inggris lebih menguntungkan dari blog berbahasa Indonesia sudah menunjukkan bahwa geotargeting atau target vistor berdasarkan wilayah adalah sangat penting. Berangkat dari situ, baru kita tentukan Niche yang cocok dengan asal visitor yang kita tuju.

Anda membangun blog/sites dengan high CPC berbahasa Inggris, tapi optimasinya hanya untuk pasar local a.k.a Indonesia, dan visitornya jg dari Indonesia, alhasil ads yang muncul sering tidak akan relevan dengan niche utama blog kita. Karena ads yang muncul di sites kita lebih mengutamakan factor letak posisi visitor/geotargeting.

Baca juga :

Pengertian dan cara membuat link building dengan mudah
Pengertian dan cara menggunakan blog zombie
Cara mudah agar artikel masuk pageone google
Adsensenizer Ebook Adsense dan Blogger
 
Ga percaya??? Coba iseng login pakek proxy korea, Jepang, USA, atau Negara mana saja deh ke blog situ yang ada Adsensenya, cek Ads yang muncul.. apakah ada Ads Lazada, olx, dll (ads local Indonesia)? Biasanya ads yang muncul akan berubah menyesuaikan posisi dimana proxy yang anda pakai.
Hal ini menunjukkan Negara asal visitor lebih menentukan daripada sekedar Niche.

Jadi kalau mau CPC nya gede, ga perlu mikirin Niche yang mahal dsb. Lebih baik mikirin bagaimana supaya blog saya dikunjungi negara2x ber CPC besar..

7. Page RPM

Ini mah ga usah dipikiri, cm aksesoris doang. Kecuali Anda memiliki daily pageview yang banyak, maka bisa menghitung estimasi pendapatan ketika blog kita naik dan turun visitornya saja. Tidak berpengaruh ke earning.

8. Estimated Earning dan Istilah lainnya.

Estimated Earning : perkiraan pendapatan pada periode tertentu
  • PIN Adsense : buat verifikasi alamat, di generate oleh google setelah pendapatan anda 10USD. Dikirim via pos ke alamat masing-masing. PIN verify address hanya 1 kali.
  • Payable Earning : pendapatan yang akan diterima, biasanya payable earning/finalized earning akan muncul di tanggal 1-2 setiap bulannya.
  • PIP : Payment in Progress atau Payable earning kita sudah di proses oleh google Ireland untuk dibayarkan. Biasanya PIP muncul pada tanggal 23-24. PIP akan muncul ketika payable earning kita sudah 100$++
  • PI : Payment Issued atau pembayaran kita sudah selesai di proses oleh google dan di PI tersebut kita dapat melihat Pengirim, Penerima, Jumlah Pembayaran, Kode MTCN (jika yang menggunakan Western Union sebagai media pembayaran). PI muncul setelah PIP.
Cara Mendapatkan Dollar dengan Shared2earn
Demikian artikel saya tentang Mengenal Istilah yang ada dalam Google Adsense, semoga artikel ini membantu sobat agar lebih mudah membangun sebuah blog dan bermain adsense.
Jika terjadi masalah silahkan komentar dibawah, admin akan membantu.

4 Responses to "Mengenal Istilah yang ada dalam Google Adsense"

Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini

Peraturan berkomentar di blog ini

1. Tidak komentar SPAM
2. Tidak komentar promosi
3. Komentar sesuai tema
4. Berkomentar dengan sopan
5. Tidak berkomentar link aktif

Jika anda tidak mematuhi peraturan, terpaksa komentar anda akan saya hapus.