Cara Mengetahui dan Mengatasi Invalid Traffic Google Adsense

Mastah DroidApa itu Invalid Traffic? Invalid Traffic alias biasa dikategorikan sebagai lalu lintas tidak valid (Ilegal) yang pasti menyebabkan pengurangan penghasilan pada akhir bulan. Invalid Traffic ada tidak sedikit unsur yang sampai sekarang tetap menjadi percakapan hangat di forum-forum. Sebagian orang berpendapat akun yang mereka miliki merupakan akun siluman, jadi Invalid Traffic ini terjadi. Padahal persoalannya bukan sebab akun Google Adsense Anda, melainkan merupakan sumber lalu lintas blog Kamu yang dianggap tidak relevan alias berasal dari media sosial. Faktor ini tidak lepas dari proteksi kepada pengiklanan yang terus hari terus besar oleh facebook Ads serta pihak lainnya, jadi google memperketat sumber lalu lintas blog Anda. Yang lebih parah lagi mungkin saja terjadi Invalid Traffic hingga 70% bahkan hingga 100%. Faktor ini pasti menjadi persoalan besar serta serius bagi setiap publisher iklan Adsense, apalagi jika sangat sering memperoleh invalid traffic maka akun Adsense kamu sedang terancam banned.
Google berpendapat setiap sumber lalu lintas yang tak berasal dari mesin pencarian bakal dianggap sebagai invalid traffic jadi dapat dikategorikan trafik semu serta dikategorikan berbagai unsur sebagai berikut:
  • Bot berbayar untuk mengalirkan trafik ke blog anda.
  • Blog spam yang mencari backlink ke blog Kamu yang tanpa Kamu sadari.
  • Traffic sosial media yang intensi membikin kecurigaan Google kepada invalid click.
  • Blackhat tips Adsense.

Pengalaman

Cara Mengetahui dan Mengatasi Invalid Traffic Google Adsense
Karena tidak ingin terjadi yang buruk pada akun adsense (Invalid Traffic), maka saya langsung melihat ke status akun. Setelah melihat dan meneliti dengan seksama, ternyata tidak ada pesan / pemberitahuan tentang invalid traffic.Tetapi kenapa ada tulisan invalid traffic?

Sayapun bergegas mengunjungi Inside Adsense untuk mencari pencerahan. Dan alhamdulillah Justin Chu sang Adsense Product Manager membuat sebuah tulisan yang sangat mencerahkan bagi masalah saya tersebut.

Anda bisa membaca ulasanya http://adsense.blogspot.com/2015/06/difference-in-adsense-payments.html

Yang saya tangkap dari penjelasan Justin Chu adalah, perbedaan jumlah estimated earning dengan finalized earning disebabkan karena terjadinya invalid activity.

Salah satu invalid activity yang mungkin terjadi adalah anda tanpa sengaja mengklik iklan diblog anda sendiri. Jumlah klik ini akan terhitung kedalam estimated earning, tapi kemudian akan dipotong kembali oleh google sehingga pada finalized earning jumlahnya akan menjadi lebih sedikit. Seperti akun saya diatas ada invalid activity yang bernilai $ 0,24.

Bagi Anda yang ingin mendaftar Google Adsense tetapi gagal terus, adabaiknya anda membaca artikel Adsensenizer Ebook Adsense dan Blogger

Berikut 4 ciri Aktivitas Klik Invalid pada Google Adsense:

  • CTR atau Click Through Rate, rata-rata jumlah klik dan jumlah tayangan (pageviews) di atas 10%. Meskipun di kisaran 10% belum pasti terjadi aktivitas invalid, tapi harus diwaspadai. Sebab jarang sekali CTR mencapai 10%, bahkan oleh situs besar bertraffic tinggi sekalipun. Meskipun CTR 1% alias 2% dikualitas sangat rendah, tapi jangan berbahagia-bahagia dulu sebab CTR di atas 10%, sebab itu adalah indikasi ketidakwajaran. CTR di kisaran 5% telah dapat dibilang sangat keren. Oh ya, dalam bahasa Indonesia CTR disebut RKT (Rata-Rata Klik serta Desain).
CTR/RKT = Jumlah Klik / Jumlah Tayangan x 100 = ...%
  • Anda tiba-tiba memperoleh tak sedikit klik tapi nilai kebanyakan klik $0.0, artinya anda tidak mendapat earning sama sekali. Umpamanya, anda memperoleh 30 klik tapi kualitas totalnya hanya $0.05 alias bahkan $0.0. Ini artinya engine Adsense tak memberikan value pada sejumlah besar klik yang didapat, sekaligus memberi indikasi pada Google (dan anda) bahwa sesuatu yang tidak beres sedang terjadi
  • Earning naik drastis, tapi tak lama kemudian turun drastis pula. Sebagai contoh, kamu memperoleh $2.45, tapi tak lama kemudian berubah turun menjadi $0.45. Ini artinya deteksi aktivitas invalid sedikit lebih lambat sebab wajib melewati berbagai proses, lalu disimpulkan bahwa sejumlah klik tak sah alias invalid. Ini bukan kesalahan engine Google Adsense, melainkan terbukti perbuatan yang disengaja dampak ditemukan ketidakwajaran.
  • Anda memperoleh tak sedikit klik dari Negara dengan pageviews yang sangat kecil. Analisisnya membutuhkan traffic analytics semacam Google Analytics atau Statcounter, apabila kamu pakai Blogger. Jika pakai server sendiri, AW Stats sebagai fitur pelengkap cPanel telah lumayan ampuh untuk digunakan. Google memakai paradigma bahwa apabila seorang pengunjung melakukan klik, tentu dirinya sangat berminat dengan iklan yang ditayangkan. Kemungkinan ini tak besar. Apabila diartikan sebagai perbandingan CTR, maka kira-kira gini tutorial ngomongnya: "Dari 1000 desain unik mungkin hanya 10-20 desain unik yang menyumbangkan klik iklan". Apabila klik yang terjadi jauh melampaui paradigma itu, maka kecurigaan bakal muncul.
Tindakannya biasanya ada 2. Apabila ini baru terjadi satu atau dua kali, biasanya pihak staff bakal mendiamkan serta "memaafkan". Maksudnya, kesalahan mungkin terjadi murni oleh pengunjung serta di luar performa pemilik akun. Tapi apabila terjadi berkali-kali, diartikan pemilik akun tak mawas serta tak berusaha memperbaiki, Apabila demikian, kondisi yang lebih serius semacam warrning atau banned dapat terjadi.

Tips

Apa yang harus kita lakukan apabila mendapat peringatan website atau akun dibanned? Jelas perlu pembahasan tersendiri karena tak mungkin 200-300 kata dapat mewakili. Tapi poinnya merupakan, sebaiknya sebelum itu terjadi, perbuat perbuatan antisipatif berikut:
  • Segera lakukan tindakan penting seusai mengenal ada yang tidak beres. Umpamanya, hentikan dulu penayangan iklan pada website A hingga kondusif. Sayangnya, di Blogger anda tidak dapat banned IP dengan cara langsung (dengan fitur/console), jadi penghentian penayangan sementara lumayan jadi solusi paling baik.
  • Pastikan memakai fitur "situs yang diijinkan", jadi iklan yang ditampilkan oleh orang tak bertanggungjawab di website lain bakal diabaikan oleh Google.
  • Cek statistik Adsense dengan cara selalu serta berkala untuk melihat kemungkinan terjadinya aktivitas klik invalid. jangan hingga kecolongan hingga berbagai kali.
  • Instal ekstensi (Chrome) Adsense Publisher Toolbar alias instal software android Google Adsense supaya dapat meperbuat cek dengan cara realtime, selalu, serta cepat tanpa masuk dashboard. untuk extensi Adsense Publisher Tollbar anda bisa melihatnya dibagian bawah dashboard Adsense, atau anda dapat langsung menginstall extensi tersebut melalui https://chrome.google.com/webstore/detail/google-publisher-toolbar/omioeahgfecgfpfldejlnideemfidnkc/related?hl=id

Kesimpulan

Sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas ini hanya sebagian kecil saja, pasti tetap tidak sedikit hal lain yang tidak kita ketahui. Jika anda sangat ingin mencari rezeki menjadi publisher iklan Adsense sebaiknya anda mengikuti TOS dari google, https://support.google.com/adsense/answer/1112983?hl=id 
Semoga ulasan singkat ini dapat berguna untuk Anda.
Demikian artikel saya tentang Cara Mengetahui dan Mengatasi Invalid Traffic Google Adsense, semoga artikel ini membantu sobat agar lebih mudah membangun sebuah blog dan bermain adsense.
Jika terjadi masalah silahkan komentar dibawah, admin akan membantu.

4 Responses to "Cara Mengetahui dan Mengatasi Invalid Traffic Google Adsense"

  1. terima kasih gan,, tapi bagaimana jika akun yg 100% invalid traffic dan di bagian informasi akun tidak ada angka % bagi hasilnya?

    ReplyDelete
  2. apabila pada product active, conten tidak ada tulisan 68% conten revenue,.apakah itu GA siluman?

    ReplyDelete
  3. Apakah akun yang sudah terkena invalid klik bisa kembali normal?

    ReplyDelete
  4. Saya kira Incalid Traffic itu karena sumber bukan dari hasil penelusuran search engine.
    kalau punya saya mentok CTR 5% - 7%
    alhamdulillah...
    salam kenal sukses terus blognya mastah android

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini

Peraturan berkomentar di blog ini

1. Tidak komentar SPAM
2. Tidak komentar promosi
3. Komentar sesuai tema
4. Berkomentar dengan sopan
5. Tidak berkomentar link aktif

Jika anda tidak mematuhi peraturan, terpaksa komentar anda akan saya hapus.