Mengakses Database PostgreSQL dengan PHP

Mastah Droid - Mengakses Database PostgreSQL dengan PHP.

Hi sobat Mastah Droid. Setelah lama minim update, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya mengakses database PostgreSQL dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Artikel ini sekaligus menjadi pembuka tahun 2017 bagi MastahDroid dan artikel pembuka untuk topik bahasan baru MastahDroid, yaitu topik Programming. (walaupun udah telat banget baru update bulan Juli)

Oke buat kalian yang masih belum paham apa itu PostgreSQL dan PHP, berikut saya berikan sedikit penjelasan singkat mengenai PostgreSQL dan PHP.

www.postgresql.org

PostgreSQL

PostgreSQL adalah basis data relasional yang bersifat open-source. Basis data ini banyak sekali digunakan oleh perusahaan-perusahaan teknologi dikarenakan kehandalan dalam menangani data yang sangat besar. Selain itu, PostgreSQL juga kaya akan banyak sekali function yang mungkin tidak terdapat di basis data relasional open source lain seperti MySQL.

Karena open source, maka basis data ini gratis dan bebas digunakan oleh siapapun. Basis data PostgreSQL juga terus diperbaharui secara aktif sampai saat ini, walaupun usia nya yang sudah mencapai belasan tahun.

PHP

PHP (bukan pemberi harapan palsu) adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di sektor pengembangan web. PHP merupakan bahasa pemrograman sepuh di dunia pengembangan web, dan telah memiliki banyak sekali komunitas di seluruh dunia. Jadi, kalau mau tanya-tanya nggak perlu bingung lagi.

LET'S START!

Oke, itu tadi penjelasan singkat tentang PostgreSQL dan PHP. Sekarang, saya akan beri contoh bagaimana membuka koneksi ke PostgreSQL menggunakan PHP.

Sebelumnya, pastikan PostgreSQL dan PHP telah terinstall di server atau komputer anda. Dan pastikan juga anda telah memiliki webserver seperti Nginx atau Apache, sehingga anda dapat menjalankan file PHP anda via browser.

Untuk tutorial pemasangan PostgreSQL dan PHP akan saya berikan pada artikel selanjutnya.

Lalu, buat sebuah file dan masukkan kodingan seperti yang ada di snippet berikut:


Penjelasan dari kodingan:
variabel $host berisi alamat IP dari server anda. Jika anda menjalankan PostgreSQL di komputer anda sendiri, masukkan alamat localhost (127.0.0.1).
variabel $post berisi alamat port dari database PostgreSQL yang sudah diinstal di server anda.
variabel $dbname berisi nama dari database yang ingin diakses.
variabel $creds berisi informasi user dan password untuk mengakses database.

Setelah itu, semua informasi di parse ke dalam fungsi pg_connect, dan return value nya dimasukkan ke dalam variabel $db.

Jika variabel $db bernilai FALSE atau NULL, maka koneksi tidak berhasil dibuka, dan print "Gagal membuka koneksi". Jika tidak, maka koneksi berhasil dibuka, dan print "Koneksi berhasil".

Demikian tutorial singkat bagaimana mengakses database PostgreSQL dengan menggunakan PHP. Saya akan kembali dengan berbagai tutorial pemrograman lainnya!
Hi sobat pembaca Mastah Droid. Di tahun 2017 ini, Mastah Droid hadir dengan topik pokok bahasan baru disamping blogging dan SEO, yaitu Programming. Sub bagian Programming yang akan dibahas ada beragam, yaitu Competitive Programming, Android Programming, dan Web Programming.
Semoga melalui ini para pembaca setia bisa terus stay tuned dengan blog ini ya.
Salam,

Andre. Blogger dan developer yang empunya mastahdroid.


0 Response to "Mengakses Database PostgreSQL dengan PHP"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini

Peraturan berkomentar di blog ini

1. Tidak komentar SPAM
2. Tidak komentar promosi
3. Komentar sesuai tema
4. Berkomentar dengan sopan
5. Tidak berkomentar link aktif

Jika anda tidak mematuhi peraturan, terpaksa komentar anda akan saya hapus.