Tips Menghemat Baterai Android Kamu

Mastah DroidTips Menghemat Baterai Android Kamu. Baterai adalah salah satu pertimbangan penting bagi seseorang yang akan membeli gadget. Setiap orang tentu saja memperhatikan kapasitas baterai smartphone yang akan dia beli. Selanjutnya, dia akan berpikir apakah smartphone atau gadget yang akan dia beli ini dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari atau tidak.

Nah disini saya akan memberikan beberapa tips menghemat baterai smartphone android kamu supaya smartphone kamu terus ON seharian.

tips menghemat baterai android
Tips Menghemat Baterai Android. Sumber : Talkandroid

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

1. Matikan Koneksi yang Tidak Diperlukan

Kadangkala kita sering menyalakan berbagai konektivitas nirkabel di ponsel kita. Tanpa kita sadari, berbagai koneksi yang tidak penting itu menyebabkan baterai ponsel kita terkuras. Beberapa koneksi tidak penting seperti WiFi dan Bluetooth yang terus menerus menyala menyebabkan baterai cepat habis. Biasakan untuk menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi saat diperlukan saja dan jangan dinyalakan terus menerus.

Tidak hanya Wi-Fi dan Bluetooth. GPS yang terus menyala juga dapat menyebabkan baterai cepat habis.

2. Mengurangi Brightness dan Mematikan fitur Auto Brightness

Solusi kedua adalah dengan mengurangi brightness pada smartphone anda. Layar yang terlalu terang menyebabkan baterai cepat habis. Ditambah lagi apabila layar smartphone anda menggunakan berbagai teknologi untuk mempertajam kualitas layar seperti pada layar Super AMOLED milik Samsung maupun berbagai teknologi lain menyebabkan baterai juga cepat habis.

Tetapi, biasanya pabrik-pabrik produsen smartphone telah menyadari hal ini dan meningkatkan kapasitas baterai bagi smartphone-smartphone flagship miliknya.

3. Uninstall Aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan menguras daya

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang sangat amat boros daya. Contoh nyata adalah aplikasi-aplikasi berbasis sosial media yang sangat amat boros daya. Hal ini dikarenakan aplikasi memiliki background process untuk mengirimkan notifikasi secara real time jika terdapat update baru yang perlu diteruskan kepada pengguna. Aplikasi background process inilah yang meminta request untuk terus terkoneksi dengan internet, sehingga baterai pun terkuras.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mematikan notifikasi pada setiap aplikasi yang berjalan secara background. Dengan ini, konsumsi baterai dapat ditekan.

Tidak hanya dari aplikasi  sosial media, aplikasi berat lain seperti games pun dapat menyebabkan baterai menjadi boros. Ketika anda sedang berpergian, lebih baik jangan gunakan ponsel anda untuk nge-game. Hal ini juga berlaku saat ponsel anda di charge. Menggunakan ponsel untuk bermain game saat di-charge menyebabkan umur baterai anda berkurang.

BACA JUGA



Nah, demikianlah artikel mengenai Tips Menghemat Baterai Smartphone Android. Semoga bermanfaat :)

2 Responses to "Tips Menghemat Baterai Android Kamu"

  1. Thank You !! Awesome Blog.
    Great knowledge with good concept about Android Development.
    I would like to share some useful links for Android Interview Questions and Android Tutorial. Keep share your knowledge with us.

    ReplyDelete
  2. terlihat tidak penting, ternyata banyak juga manfaatnya... thanks infonya pak :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini

Peraturan berkomentar di blog ini

1. Tidak komentar SPAM
2. Tidak komentar promosi
3. Komentar sesuai tema
4. Berkomentar dengan sopan
5. Tidak berkomentar link aktif

Jika anda tidak mematuhi peraturan, terpaksa komentar anda akan saya hapus.